101 Kruger Tales: Extraordinary stories from ordinary visitors to the Kruger National Park

101 Kruger Tales: Extraordinary stories from ordinary visitors to the Kruger National Park

Biologi Jelaskan istilah dari:
1. Litosfer
2. Pergerakan lempeng Divergent
3. Pergerakan lempeng Convergent
4. Gelombang seismik
5. Hiposentrum
6. Episentrum
7. Seismologi
8. Seismograf
9. Magnitudo
10.seismogram

Jelaskan istilah dari:
1. Litosfer
2. Pergerakan lempeng Divergent
3. Pergerakan lempeng Convergent
4. Gelombang seismik
5. Hiposentrum
6. Episentrum
7. Seismologi
8. Seismograf
9. Magnitudo
10.seismogram

Jawaban:

1-Secara etimologi, litosfer berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata lithos yang berarti batu dan sphere (sphaira) yang berarti bulatan. Oleh karena itu, litosfer artinya adalah lapisan batuan yang membentuk kulit bumi.

2-Divergen adalah dua lempeng yang saling bergerak menjauh. Hal ini diakibatkan oleh terjadi perpecahan pada lithosfer.

3-Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Oleh sebab itu, salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya.

4-Gelombang seismik adalah rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi.

5-Hiposentrum adalah titik di dalam bumi yang menjadi pusat gempa bumi. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani υπόκεντρον yang berarti "di pusat".

6-Episentrum adalah titik di permukaan bumi yang berada tepat di atas atau di bawah kejadian lokal yang memengaruhi permukaan bumi.

7-Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan.

8-Seismometer( seismograf ) adalah alat atau sensor getaran, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Hasil rekaman dari alat ini disebut seismogram.

9-Magnitudo gempa adalah sebuah besaran yang menyatakan secara jelas tentang seberapa besarnya energi seismik yang dipancarkan oleh sumber Gempa.

10-Seismogram atau rekaman gerakan tanah, atau grafik aktivitas gempa bumi sebagai fungsi waktu yang dihasilkan oleh seismometer.

Penjelasan:

Maaf kalo salah ^_^

@NazrilIrham18

Jawaban:

1.Secara etimologi, litosfer berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata lithos yang berarti batu dan sphere (sphaira) yang berarti bulatan. Oleh karena itu, litosfer artinya adalah lapisan batuan yang membentuk kulit bumi. Litosfer merupakan lapisan bumi paling atas setebal 66 km yang terdiri dari batuan.

2. Divergen adalah dua lempeng yang saling bergerak menjauh. Hal ini diakibatkan oleh terjadi perpecahan pada lithosfer. akibat adanya pergerakan ini, lempeng samudra mengalami pemekaran dasar laut. Sedangkan pada lempeng benua, membentuk lembah.

3.Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tumbukan. Tumbukan ini dapat membentuk palung samudra atau pegunungan. Lempeng samudera memiliki berat jenis lebih berat daripada lempeng benua.

4.Gelombang seismik adalah rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi, misalnya adanya patahan atau adanya ledakan. Energi ini akan merambat ke seluruh bagian bumi dan dapat terekam oleh seismometer.

5.Hiposentrum adalah titik di dalam bumi yang menjadi pusat gempa bumi. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani υπόκεντρον yang berarti "di pusat". Titik di permukaan bumi tepat di atas hiposentrum disebut dengan episentrum. Hiposentrum adalah sumber gempa di kedalaman bumi tertentu

6.Episentrum adalah titik di permukaan bumi yang berada tepat di atas atau di bawah kejadian lokal yang memengaruhi permukaan bumi. Episentrum terletak di atas permukaan bumi, di atas lokasi gempa. Episentrum berlawanan dengan hiposentrum yang menjadi pusat gempa dan yang terjadi di dalam bumi.

7.Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar.

8.Seismometer adalah alat atau sensor getaran, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Hasil rekaman dari alat ini disebut seismogram. Prototip dari alat ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 132 SM oleh matematikawan dari Dinasti Han yang bernama Chang Heng

9.Magnitudo gempa adalah sebuah besaran yang menyatakan secara jelas tentang seberapa besarnya energi seismik yang dipancarkan oleh sumber Gempa. Besaran ini akan bernilai sama, sekalipun dihitung dari tempat yang berbeda. Skala yang kerap digunakan untuk menyatakan magnitudo gempa ini adalah Skala Richter

10.Seismogram atau rekaman gerakan tanah, atau grafik aktivitas gempa bumi sebagai fungsi waktu yang dihasilkan oleh seismometer. Rekaman ini dapat dipergunakan salah satunya untuk menentukan magnitudo gempa tersebut.

Penjelasan:

dahhh...

[answer.2.content]